Senin, 26 Januari 2015

Seputar Young Living Essential Oils


1. Apa perbedaan Essential Oil dari Young Living dengan Essential Oil lainnya?

Essential Oil yang dijual di pasaran/toko biasanya setaraf aromaterapi, pewangi, ataupun setara parfum dan pada dasarnya diproduksi untuk kebutuhan rekreasi atas wangi yang dihasilkan. Minyak seperti ini tidak memiliki tujuan kesehatan. Young Living memproduksi minyak esensial grade A yaitu 100% pure therapeutical-grade, sehingga cocok digunakan untuk kebutuhan terapi kesehatan fisik, emosional, maupun spiritual.

2. Mengapa harganya begitu mahal?

Ada harga ada rupa, demikian kata pepatah. Harga Essential Oil dari Young Living tidak seragam dan memang terkesan relatif mahal dikarenakan proses yang dilalui untuk mencapai tingkat Theurapeutic-Grade dimana saat pembuatannya harus betul – betul diperhatikan keamanan, kualitas, dan kemurnian bahan yang digunakan, yaitu dimulai dari pemilihan lahan kebun, pembibitan, proses penanaman, proses panen, distilasi, pengemasan, hingga pengiriman ke rumah-rumah. Hal ini berhubungan dengan komitmen Young Living dalam menjaga kualitas produk-produknya yang disebut sebagai SEED TO SEAL, yaitu Seed - Cultivate - Distill - Test - Seal. Minyak Essential Young Living memiliki properti kesehatan yang nyata dan aman untuk digunakan oleh keluarga Anda. Secara umum, 1 ml minyak esensial = 20 tetes, maka minyak esensial di dalam botol kecil 5 ml adalah 5 x 20 tetes = 100 tetes, sedangkan kemasan botol 15 ml = 300 tetes. Keuntungan lainnya adalah Anda menghemat biaya bolak-balik ke rumah sakit karena Anda mempunyai home remedy di rumah setiap kali Anda memerlukannya:) dan juga kesehatan keluarga Anda lebih terjaga dengan terapi secara natural tanpa efek samping. Jadi menurut perhitungan material & moral, sebenarnya minyak esensial Young Living tidaklah mahal.


3. Mengapa harga tiap jenis Essential Oil ini berbeda?

Perbedaan harga ditentukan dari proses dan jumlah bahan baku yang dibutuhkan untuk memproduksi essential oil per kemasan. Beberapa tumbuhan sudah memenuhi syarat Theurapeutic dan konsentrasi walaupun jumlahnya tidak terlalu banyak (seperti lime, cypress, dsb) sehingga harga jualnya tidak terlalu tinggi. Namun beberapa tumbuhan membutuhkan bahan yang jauh lebih banyak serta proses yang lebih rumit sehingga berefek pada harga jualnya yang tinggi, seperti Rose yang harga per botol 5ml-nya mencapai 4 juta rupiah.

4. Apakah Essential Oil Young Living aman?

Young Living Essential Oil sudah memenuhi syarat dan standar AFNOR (Association Fran├žaise de Normalisation) dan ISO (International Organization for Standardization). Young Living juga memiliki standar internal yang cukup tinggi agar produksinya mencapai kualitas yang terbaik. Young Living telah memiliki izin dari FDA (Food and Drugs Administration) sebagai makanan dan suplemen (bukan obat). Young Living juga memiliki sertifikasi Kosher.

5. Bagaimana cara penggunaan yang tepat?

Young Living Essential Oil dapat digunakan dengan beberapa cara, antara lain dengan mengaplikasikan langsung pada kulit, disebar ke udara atau dihirup, gunakan untuk memasak makanan, membuat minuman, atau langsung dikonsumsi. Selalu ikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan, dan juga bisa dibaca di leaflet yang disertakan di dalam kit pertama.


6. Apakah Young Living Essential Oil aman untuk bayi dan anak-anak?

Ya, Essential Oil Young Living aman untuk digunakan pada bayi dan anak-anak, walaupun untuk balita tidak disarankan untuk diminum atau konsumsi langsung. Beberapa jenis minyak esensial dalam kategori hot oil memiliki karakter yang dapat menyengat di kulit sensitif, oleh karena itu penggunaan bagi anak disarankan agar dicampur terlebih dahulu dengan minyak nabati (V-6, almond, olive, coconut, grape seed, dsb.). Contoh hot oil single yaitu: oregano, cinnamon, thyme, eucalyptus, mountain savory, lemon, orange, juga hot oil blend yaitu: Thieves, PanAway, Relieve It, Exodus II --> disarankan untuk dijauhkan dari jangkauan anak-anak.

7. Apakah Young Living Essential Oil aman untuk ibu hamil?

Sebagian besar Essential Oil aman untuk ibu hamil. Namun ada beberapa Oil yang tidak disarankan selama hamil sampai umur kehamilan tertentu, seperti Cinnamon Bark, Tarragon, Idaho Tansy, Dragon Time, Rosemary, dan beberapa jenis lainnya.

8. Saya baru tahu dan tertarik ingin mencoba essential oil. Sebaiknya jenis apa yang saya pilih?

Untuk penggunaan awal, sebaiknya pilihlah Essential Oil yang memiliki fungsi banyak dan netral untuk digunakan dalam keseharian. Sebelum memutuskan hendak membeli jenis yang mana, lihatlah pada diri sendiri dan keluarga, masalah kesehatan seperti apa yang lebih sering muncul dan pilihlah Essential Oil yang sesuai. Sangat disarankan untuk pengguna pertama kali adalah Premium Starter Kit yang berisi 1 set Everyday Oils Collection (berisi 11 macam essential oils), Home Diffuser atau Bamboo Diffuser, dan Wholesale Membership (tdd: Welcome book, Product Guide book, Policies & Procedures book, Everyday Oils book, roller, juga samples Lavender, Lemon, Thieves, Peppermint, Peace&Calming, Ningxia Red masing-masing mendapat 2 buah)

9. Seberapa sering saya dapat menggunakan Essential Oil?

Tidak ada pembatasan seberapa sering, karena Essential Oil adalah bahan alam murni. Jika sedang sakit, sangat disarankan penggunaan rutin 1-3-6 tetes 3-5 x/hari sesuai kebutuhan. Jika sakit ringan, gunakan 1-3-6 tetes 3x/hari sesuai kebutuhan. Jika untuk meningkatkan daya imunitas tubuh agar tidak terkena sakit, gunakan 1-3 tetes pagi dan malam setelah cuci tangan / mandi. Untuk penggunaan pada diffuser, gunakan 4-8 tetes pada air suling.

10. Apakah ada masa kadaluwarsa pada Essential Oil?

Buatan Young Living yang single oil tidak memiliki masa kadaluwasa karena terjaga kualitasnya. Selama penyimpanan dilakukan dengan baik, hindari suhu panas, sinar matahari langsung dan botol kaca gelap tertutup rapat. Untuk yang kategori blend disarankan digunakan setelah 3-5 tahun setelah dibuka.

11.  Untuk beberapa Essential Oil yang sifatnya menyengat, disarankan menggunakan minyak nabati sebagai carrier oil, apa yang dimaksud dengan ini?

Minyak nabati yang dimaksud adalah minyak tumbuhan yang murni dan aman untuk dikonsumsi. Anda bisa menggunakan VCO (virgin coconut oil), minyak almond (kenari), minyak zaitun (olive), minyak biji anggur (grape seed), dsb. Tapi yakinkan sekali bahwa minyak tersebut adalah murni dan aman untuk dikonsumsi, dan sebaiknya adalah minyak nabati yang melalui proses cold pressed (proses pembuatannya tidak melalui pemanasan drastis dengan suhu di atas 49 derajat Celcius)

12. Jika dicampur dengan minyak nabati apakah khasiatnya akan berkurang?

Tidak. Minyak nabati berfungsi sebagai carrier oil (minyak pembawa) yang fungsinya lebih pada membantu Essential Oil agar lebih tersebar pada area yang diinginkan. Efeknya adalah slow released, sehingga menyesuaikan dengan kemampuan tubuh untuk menggunakannya, jadi bukan mengurangi khasiat. Tentunya dengan kadar pencampuran yang sesuai, umumnya sekitar 15-30% dari Essential Oil yang digunakan. Walaupun demikian ada juga Essential Oil lain yang disarankan menggunakan pencampuran sampai 300-400% (perbandingan 1 tetes Essential Oil dengan 3-4 tetes minyak nabati). Pelajari dengan baik Essential Oil yang hendak anda gunakan terlebih dahulu, karena beberapa jenis Essential Oil ada juga yang tidak membutuhkan pencampuran (undiluted/neat).

13. Apakah ada efek samping jika menggunakan Young Living Essential Oil?

Beberapa orang yang memiliki kulit sensitif terhadap minyak esensial tertentu atau baru pertama kali menggunakan Essential Oil kami sarankan agar mencoba sedikit/1 tetes diluted/undiluted terlebih dahulu di tangan (area sekitar 2x2 cm) sebelum memutuskan untuk menggunakannya secara rutin.
Kami ingatkan lagi agar tidak menggunakan adultered-essential-oils atau produk harian lainnya yang mengandung bahan kimia sintetik berbahaya. Minyak esensial yang dibuat dengan bahan campuran seperti misalnya propylene glycol, gum resin, alkohol, bahan pelarut, bahan penambah volume tidak berbau tidak berwarna, dsb. tidak akan memberikan keuntungan bagi kesehatan dan dapat menimbulkan efek samping seperti gatal, bintik-bintik merah, rasa terbakar pada kulit, ataupun jenis iritasi lainnya.

14. Apakah dengan menggunakan Essential Oil, saya tidak perlu ke dokter lagi?

Penggunaan Essential Oil bertujuan sebagai pendukung kesehatan & memiliki efektivitas yang berbeda pada tiap individu. Lihatlah limit atau batasan diri sendiri dalam menggunakan Essential Oil. Kami sebagai distributor mengikuti peraturan FDA untuk tetap menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter.

Obligatory disclaimer: Penggunaan Essential Oil bukan berarti anda tidak membutuhkan bantuan dokter.

15. Bagaimana cara pemesanannya?

Website : www.youngliving.org/yenni beuker lalu klik Sign Up untuk pengguna pertama kali.
Facebook : klik di sini lalu kirimkan pesan ke inbox kami.
Silakan follow juga instagram & twitter @y_beuker

16. Dimana lokasi fisik toko Young Living di Indonesia?

Young Living merupakan perusahaan MLM (Multi Level Marketing) berbasis di Amerika yang telah berdiri sejak 1994. Perusahaan Young Living memasarkan produknya melalui Independen Distributor yang resmi menjual produknya secara direct selling, sehingga semua barang masih diimport ke Indonesia. Kami hanya menjual produk minyak esensial kemasan resmi 5 ml dan 15 ml, tidak mengemas sendiri (repack) untuk menghindari kesalahan & kekurangan lainnya, hal ini sesuai dengan peraturan resmi dari Young Living pusat. Kami juga tidak menjual di toko online seperti Ebay, Amazon, ataupun situs tidak resmi dari Young Living karena untuk menghindari produk palsu.

6 komentar:

  1. Pagi,
    Salam kenal..
    Saya tertarik membeli Young Living Essetial oil
    Mau tanya kalau Premium Starter Kit yang berisi 1 set Everyday Oils Collection (berisi 11 macam essential oils)harganya berapa yah?
    terimakaish informasinya..
    Rahmi

    BalasHapus